12 Agustus 2008

Sunat dan HIV/AIDS

Assalamu'alaikum wr wb

6 Agustus 2008 Ana tersentak kaget disertai rasa kagum sewaktu mendengar sebuah dialog interaktif di salah satu radio swasta di Jakarta. Dalam dialog tersebut dr. Nafsyah Mboi dalam kapasitas beliau sebagai anggota Komisi Pemberantasan Aids Nasional (KPAN) sedang diajak berdialog secara interaktif via radio. Sebuah pernyataan beliau yang saat itu sedang berada di Amerika mengatakan bahwa "Menurut penelitian telah diambil sebuah kesimpulan bahwa ternyata orang yang sudah disunat mendapat resiko tertular HIV dan resiko terkena AIDS lebih rendah dibandingkan dengan orang yang belum disunat".
Subhanallah... Ana merasa kaget sekali saat itu lalu Ana mencoba menuliskan pernyataan beliau dalam buku kerja yang memang sengaja Ana siapkan.
Besoknya, Ana mencoba mencari artikel yang berhubungan dengan pernyataan tersebut. Alhasil Ana mendapatkan beberapa pencerahan dan wawasan yang cukup berarti.
Ana berusaha mendapatkan referensi dan artikel tentang berita penelitian yang dimaksud oleh dr. nafsyah, circumsisi (sunat) untuk pria dan wanita dalam pandangan islam dan lain-lain. Berikut Ana berikan tautannya :

Sunat ternyata bisa membantu melindungi seorang pria dari virus AIDS. Begitu diungkapkan para peneliti, Selasa (26/7), setelah mereka menyelesaikan study pertama mengenai penyunatan guna mencegah infeksi. baca selengkapnya di sini

artikel tentang khitan Ana dapatkan di sini sepertinya referensinya bagus cukup memberikan sedikit pencerahan dan Ana harus banyak bertanya dan mencari lagi untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Subhanallah... Ini baru sebagian kecil ajaran islam yang baru digali, Ana masih ingat suatu hal, dalam sebuah ceramah Pak Ustadz memaparkan manfaat dari berwudhu, kebetulan beliau adalah seorang dokter maka penjelasan beliau kaitkan dengan ilmu kedokteran. Membersihkan hidung dengan menghirup air sampai ke pangkal hidung lalu mengeluarkan lagi merupakan sunnah sebelum wudhu'. Hal ini diteliti oleh pakar kesehatan bahwa air yang keluar dari lubang hidung mengandung berjuta-juta kuman bila dilihat dari mikroskop. Subhanallah baru sunnah wudhu' saja kita bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa. Setiap shalat lima waktu, sebelum berwudhu' umat muslim membersihkan hidung dari kotoran dan kuman-kuman.
Islam sangat luas dan dalam, pengetahuan manusialah yang terbatas untuk memahaminya. Allah SWT menegaskan dalam Al-Quran :

"Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, Maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?." dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik,

yaitu) orang-orang yang melanggar Perjanjian Allah sesudah Perjanjian itu teguh, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya dan membuat kerusakan di muka bumi. mereka Itulah orang-orang yang rugi. "

(QS. Al-Baqarah : 26-27)

syukron..

يولف ديان

0 comments: