07 Agustus 2008

Sisi Lain Kecantikan

Assalamualaikum Wr Wb.

Berikut Ana Copy Paste dari email milis yang masuk hari ini (Kamis, 07/08/08). Email ini dikirim ke milis MTSuperClub Oleh Super Member 1548. Silakan simak :

Dearest Pak Mario dan Ibu Linna yang baik dan salam super

Izinkan saya sedikit bercerita:
Seorang sahabat saya yang baik yang belum menikah pernah mengungkapkan keheranannya kepada saya mengapa banyak dari teman-temannya yang ketika masa pacaran dulu memiliki pasangan-pasangan yang cantik secara fisik, memiliki tubuh yang indah, dan menjadi "Primadona" di sekolah dan di perguruan tinggi. Tetapi ketika mereka memilih untuk menikah ternyata orang-orang yang mereka pilih sebagai pendamping hidup jauh dari kesan cantik secara fisik. Kemudian saya bertanya bagaimana pendapatnya atas kejadian tersebut. Dia mengemukakan 2 kemungkinan:

1. Teman-temannya sudah "menyerah" dan lebih baik mencari yang seadanya
2. Ada sisi lain dari pasangan hidup mereka yang membuat teman-temannya tertarik yang tidak kelihatan olehnya

Lalu saya bertanya: "lalu yang dimaksud "sisi lain" itu seperti apa?"
Dia hanya menjawab pendek "Tidak tahu",
saya tersenyum saja kemudian mengungkapkan 2 kemungkinan yang masuk akal berdasarkan pengalaman saya

1.Wanita cantik ada yang senang dibutuhkan tapi tidak senang membutuhkan, mungkin wanita pasangan hidupnya sekarang tidak terlalu cantik tapi ketika laki-laki membutuhkan dia memberi, bila laki-laki tersebut memberi pasangan hidupnya memberi dua kali lipat.


Kasih sayang adalah pemberian,

maka kasih sayang dengan nilai tertinggi adalah yang memberikan keseluruhan hidup kepada yang dikasihinya

(Mario Teguh - She)

2. Wanita cantik ada yang menuntut laki-lakinya agar menjadi seperti yang dia inginkan, menjadi yang dia harapkan, mungkin wanita pasangan hidupnya walau tidak cantik tapi sederhana, polos, jujur, dan menerima apa adanya.

Cinta itu jujur, sederhana dan cantik.

Bila perasaan itu jujur, ia tidak membutuhkan penjelasan yang berkepanjangan

(Mario Teguh - Have I Told You Lately That I Love You)


Dengan mencintai dan dicintai setiap pribadi akan selalu menjadi cantik. Semoga kita semua menemukan pasangan-pasangan hidup yang membuat kita semakin menjadi pribadi yang cantik dan mulia

Terima Kasih dan Salam Super

Muhammad Burhan, SM 1548
Part Officer | PT Traktor Nusantara | 081387423632 |


Beberapa pertanyaan yang menggelitik Ana :

Apakah ukuran yang bisa dijadikan standar kecantikan (fisik) itu ?
Lalu bagaimana kita bisa menetapkan seseorang itu cantik, lebih cantik atau sangat cantik ?
Apakah kecantikan pada waktu masih mudah akan sama dengan kecantikan pada saat umur sudah tua ?


Dalam islam, Ana teringat beberapa hadist Rasulullah SAW :

Dari Jabir r.a., Sesungguhnya Nabi SAW. telah bersabda, “Sesungguhnya perempuan itu dinikahi orang karena agamanya, kedudukan, hartanya, dan kecantikannya ; maka pilihlah yang beragama." (HR. Muslim dan Tirmidzi).

“Wanita dinikahi karena empat hal; harta, kecantikan, kehormatan, dan agamanya. Pilihlah wanita yang beragama, pasti engkau akan beruntung.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

"Janganlah kamu menikahi wanita karena kecantikannya, mungkin saja kecantikan itu membuatmu hina. Jangan kamu menikahi wanita karena harta / tahtanya mungkin saja harta / tahtanya membuatmu melampaui batas. Akan tetapi nikahilah wanita karena agamanya. Sebab, seorang budak wanita yang shaleh, meskipun buruk wajahnya adalah lebih utama". (HR. Ibnu Majah).

Dan di dalam Al-Qur'an Allah SWT berfirman :

“Dan salah satu kekuasaanNya adalah Dia menciptakan pasangan untukmu dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa tenang padanya. Dia juga menjadikan rasa kasih sayang di antara kamu. Sungguh, dalam hal itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir” (QS: Ar-rum(30) : 21)

"Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah." (QS. Adz Dzariyaat (51) : 49).

Bagi kalian Allah menciptakan pasangan-pasangan (istri-istri) dari jenis kalian sendiri, kemudian dari istri-istri kalian itu Dia ciptakan bagi kalian anak cucu keturunan, dan kepada kalian Dia berikan rezeki yang baik-baik (Qs. An Nahl (16) : 72).

Memang kecantikan fisik itu relatif adanya, maka bersyukurlah bagi orang yang mendapat pengakuan dan penilain "Si Cantik" atau "Si Tampan" dari teman, kerabat dan orang-orang disekitarnya. Namun tetaplah di sadari bahwa itu semua adalah Pemberian Allah. Simak saja firman Allah Tabaraka wa Ta'ala :

"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,
kemudian Kami kembalikan Dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),
kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya." (QS. At-Tiin : 4-6)

Kecantikan bisa menjadi Anugrah bagi penyandangnya pun juga dapat menjadi sumber petaka bagi dirinya. Beruntunglah Orang Cantik yang memanfaatkan kecantikannya pada jalur yang semestinya dan menjadi sumber kemaslahatan.

Sebagai manusia biasa, Ana juga akan sangat bersyukur bila Allah memberikan pendamping seorang yang cantik lahir bathin. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata, Ana patut bersyukur bila dianugrahkan pendamping hidup adalah seorang muslimah yang taat dan mengerti aturan Allah, Cantik dan rupawan, dari keluarga baik-baik serta berkecukupan. Insya Allah....


Demikian, Syukron

Fastabiqul Khairaat...

0 comments: