04 Maret 2013

Wajah-wajah Ahli Neraka

Sahabat, pernahkah kita memperhatikan wajah seorang teman yang sedang mengalami kekecewaan berat. Apa yang kita rasakan ketika melihat wajah mereka yang bermuram durja? Tentulah akan timbul simpati yang mendalam dan belas kasihan pada teman tersebut, ingin sekali kita ambil bagian dalam menghilangkan kekecewaan yang dirasakannya , agar wajahnya bisa berseri kembali.
Di akhirat kelak, menurut informasi dalam Al-Qur’an akan ada wajah-wajah yang penuh kekecewaan yang digambarkan untuk wajah Ahlul Naar dan wajah-wajah yang riang berseri-seri yang digambarkan untuk Ahlul Jannah.
Inilah informasi-informasi yang bisa kita baca dalam Al-Qur’an tentang wajah-wajah ahli neraka adalah  :

1. Wajah yang menghitam  (مُسْوَدَّةٌ / Muswaddah)

QS. Az-Zumar : 60
Terjemahannya :
Dan pada hari Kiamat, engkau akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah, wajahnya menghitam. Bukankah neraka jahannam itu tempat tinggal bagi orang-orang yang menyombongkan diri?

2. Wajah yang suram (Ghabarah)

QS. Abasa : 40-42
Terjemahannya :
Dan pada hari itu, ada pula wajah-wajah yang tertutup debu (suram), tertutup oleh kegelapan (ditimpa hina dan susah). mereka itulah orang-orang kafir yang durhaka.

3. Wajah yang muram (Basirah)

QS. Al-Qiyamah : 24 – 25
Terjemahannya :
Dan wajah orang-orang kafir pada hari itu, muram. Mereka yakin bahwa akan ditimpakan kepadanya malapetaka yang sangat dahsyat.

4. Wajah yang tertunduk hina (Khasi’ah)

QS. Al-Ghaasiyah : 2 – 4
Terjemahannya :
Pada hari itu banyak wajah yang tertunduk hina, karena bekerja keras lagi kepayahan, mereka memasuki api yang sangat panas,

5. Wajah yang muram dengan bibir yang cacat (Kaalihuun)

QS. Al-Mukminun : 104
Terjemahannya :
Wajah mereka dibakar api neraka dan mereka di neraka dalam keadaan muram dengan bibir yang cacat.

Duhai, Alangkah tidak berfaedahnya tampan, ganteng atau ayu, cantik di dunia dengan polesan berbagai alat kosmetik dan pakaian yang serba mewah, namun masih  ada kesombongan, kedustaan yang membuat ingkar (kafir) dengan syariat Allah SWT.

Yaa rabb kami, berilah apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui rasul-rasul-Mu. Dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiamat. Sungguh, Engkau tidak pernah mengingkari janji.”. QS. Ali-Imran : 194
Lalu, bagaimana informasi Al-Qur’an tentang wajah-wajah Ahli Syurga (Ahlul Jannah) ?

0 comments: