09 Maret 2013

Wajah Ahli Syurga


Assalamu’alaikum wr wb.
Sahabat, pada artikel sebelumnya sudah ditampilkan informasi Al-Qur’an tentang wajah-wajah Ahli Neraka yang dirundung kekecewaan yang sangat berat karena mereka sudah mengetahui bahwa peringatan akan pembalasan dari sebab kekafiran mereka yang telah disampaikan melalui Para Rasul-rasul Allah ketika masih di dunia akan segera berlaku bagi mereka.
Apa yang mereka katakan saking kecewanya, bisa kita baca informasinya dalam QS. An-Naba’ : 42  “ Sesungguhnya Kami telah memperingatkan kepadamu (orang kafir) azab yang dekat, pada hari manusia melihat apa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya, dan orang kafir berkata : duhai alangkah baiknya seandainya dulu aku jadi tanah”
Berkebalikan dengan keadaan Ahli Neraka, orang-orang dengan timbangan kebaikannya lebih banyak, mendapat ganjaran Syurga, mereka bergembira dengan wajah yang berseri-seri merasakan kenikmatan syurga sebagai balasan dari amal shaleh semasa di dunia. Inforamasi Al-Qur’an tentang wajah Ahli syurga adalah :

1. Wajah yang berseri penuh nikmat (Nadhiratunnaim)

QS. Al-Muthafifiin : 22- 24
Terjemahannya :
Sesungguhnya orang-orang yang berbakti benar-benar berada dalam kenikmatan, mereka (duduk) di atas dipan-dipan melepas pandangan, Kamu dapat mengetahui dari wajah mereka kesenangan hidup yang penuh kenikmatan.

2. Wajah yang berseri-seri (Naadhirah)

QS. Al-Qiyamah : 22 – 23
Terjemahannya :
Wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri, memandang Tuhan-nya.

3. Wajah yang berseri-seri (Naa’imah)

QS. Al-Ghasyiah : 8 – 10
Terjemahannya :
Pada hari itu banyak pulah wajah yang berseri-seri, merasa senang karena usahanya (sendiri), dalam syurga yang tinggi

4. Wajah yang berseri dan tertawa ria (Musfirah)

QS. Abasa : 38 – 39
Terjemahannya :
Pada hari itu ada wajah-wajah yang berseri-seri, tertawa dan gembira ria.

5.  Wajah yang putih berseri (Abyadhdhat)

QS. Ali-Imran :107
Terjemahannya :
Dan adapun orang yang berwajah putih berseri, mereka berada dalam rahmat Allah (syurga); mereka kekal di dalamnya

Begitu jelas dan indahnya perbandingan-perbandingan yang ditampilkan dalam Al-Qur’an, selalu ada dua sisi berbeda yang diperbandingkan, tinggal kita yang membuka hati untuk menentukan pilihan dari perbandingan-perbandingan tersebut.

Sungguh, Kami telah Menunjukkan kepadanya jalan yang lurus, ada yang bersyukur dan ada pula yang kufur. QS. Al-Insan : 3
Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan (kebaikan dan kejahatan/ golongan kanan dan golongan kiri)  QS. Al-Balad : 10
نسأل الله أن ينفع به, وهو وليّ التوفيق
Wassalam

0 comments: