28 Juli 2011

Amaliah dan Sunnah Pokok di Syahru Ramadhan

 

b

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ و.و

Menurut tuntunan Rasulullah  صلى الله عليه وسلم

1. Berpuasa dengan penuh keimanan dan mengharap pahala kepada Allah semata, bukan karena riya’ (pamer), sum’ah (publikasi) atau ikut-ikutan. Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda :

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( من صام رمضان إيمانا واحتسابا ، غُفر له ما تقدم من ذنبه ) رواه الشيخان

Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda : Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala kepada Allah, maka diampuni dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Membiasakan diri bertaqwa kepada Allah SWT dengan mengerjakan perintah-perintahNya dan menjauhi larangan-laranganNya.

يا أيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كُتِبَ عَلَى الذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana yang telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa. (QS. Al-Baqarah : 183)

3. Menjauhi  sifat dan sikap yang diharamkan oleh Allah SWT yakni:

berbohong, mencela, mencaci, menipu, berkhianat, melihat sesuatu yang haram, seperti melihat lawan jenis yang bukan mahramnya, mendengarkan hal yang haram, gibah, dll.Rasulullah SAW bersabda :

Barangsiapa tidak bisa meninggalkan ucapan kotor dan dusta, maka Allah tidak butuh akan amalan (puasanya di mana) dia meninggalkan makanan dan minumannya. (HR. Al-Bukhari)

أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ الزَّيَّاتِ ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ ، يَقُولُ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " إِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ فَلا يَرْفُثْ ، وَلا يَسْخَبْ ، فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ أَوْ شَاتَمَهُ أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ : إِنِّي امْرُؤٌ صَائِمٌ "

Dari Abu Hurairahd , ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : Apabila salah seorang di antara kalian berpuasa, maka janganlah berkata kotor dan gaduh. Jika seseorang memakinya atau memusuhinya, hendaklah ia berkata : Saya sedang berpuasa. (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Memperbanyak membaca dan mengkaji Al-Qur’an

Allah Azza Wa Jalla berfirman :

ان الذين يتلون كتاب الله وأقاموا الصلاة وأنفقوا مما رزقناهم سرا وعلانية يرجون تجارة لن تبور, ليوفيهم أجورهم ويزيدهم من فضله أنه غفور شكور . سورة فاطر : 29-30

Terjemahannya :

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anuge- rahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,

agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri (QS. Faatir : 29-30)

Dalam Surat Al-Baqarah ayat 121 :

الَّذِينَ آَتَيْنَا هُمُ الْكِتَابَ يَتْلُو نَهُ حَقَّ تِلاَ وَ تِهِ أُولَئِكَ يُؤْ مِنُونَبِهِ وَ مَنْ يَكْفُرْ بِهِ فَأُو لَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

Terjemahannya :

Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi. (QS. Al-Baqarah : 121)

Rasulullah SAW bersabda :

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتابِ اللهِ تعالى فَلَهُ حَسَنَةٌ, و الحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثالِها. لاَ أَقُوْلُ: ألم~ حَرْفٌ. لَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ, و لامٌ حرف, و مِيْمٌ حرف.

Terjemahannya :

“Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alqur’an) maka baginya satu kebajikan, dan satu kebajikan digandakan menjadi sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan bahwa  Alif Laam Miim itu satu huruf. Akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.”  HR. At-Turmudzi

5. Menghidupkan Qiyamullail atau Qiyam Ramadhan, dan amal-amal sunnah pada umumnya.

6. Memperbanyak sedekah, amal kebaikan, membantu saudara sesama Muslim, dll. Nabi SAW bersabda :

Sungguh Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, dan beliau menjadi lebih dermawan di bulan Ramadhan. (HR. al-Bukhari)

7. Makan sahur dan mengakhirkannya hingga seukuran membaca 50 ayat al-Qur’an (kurang lebih 15 hingga 25 menit) menjelang adzan Shubuh. Nabi SAW bersabda,

Makan sahurlah kalian, karena di dalam sahur itu ada barakah. (HR. Bukhari dan Muslim)

 8. Bersegeralah berbuka puasa apabila matahari telah terbenam, dan usahakan dengan kurma atau dengan air putih, Rasulullah SAW bersabda :

Manusia masih senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa dan mengakhirkan makan sahur. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

فستبق الخيراة

Selamat Menunaikan Ibadah Ramadhan 1432 H, Semoga kita dapat meraih prediket dan peningkatan TAQWA.


0 comments: