12 Juli 2015

Buku : Belajar Bahasa Arab dari Ibn Saud University

Buku ini termasuk salah satu referensi favorit bacaan saya untuk belajar Bahasa Arab.
Setelah mendapatkan buku ini dalam bentuk digital beberapa tahun silam, walaupun belum khatam membacanya, saya bisa menilai bahwa pembahasannya sangat lengkap dan isinya sesuai dengan kurikulum pelajaran Bahasa Arab modern di Saudi. Buku ini sangat bagus untuk melengkapi koleksi perpustakaan maupun pegangan santri di Pondok Pesantren, Madrasah Ibtidaiyah atau Madrasah Aliyah. Bahkan saya saja yang bukan dari kalangan pesantren sangat tertarik memiliki buku ini. :)

Semuanya ada 47 (empat puluh tujuh) jilid/buku dengan tema besar "Silsilatu Ta'lim Al-Lughatul Arabiyah" untuk 4 level dengan rincian sebagai berikut :

  • Level I    :  8    Buku
  • Level II   :  10  Buku
  • Level III  :  13  Buku
  • Level IV  :  16  Buku


Yang paling saya sukai dari buku ini adalah adanya satu atau dua jilid setiap level yang khusus membahas "Pelajaran  dari Al-Qur'an" atau "Pelajaran dari Al-Hadist". Jadi setelah kita diberikan dasar-dasar pengertian bahasa arab dan penggunaannya kita langsung diarahkan untuk menggunakan pengetahuan bahasa arab itu untuk memahami Al-Qur'an dan Al-Hadist.



Sebagai contohnya, saya coba sematkan beberapa buku level I dalam bentuk digitalnya, silahkan dibolak-balik dan dibaca  :

















Bila tertarik melihat keseluruhan bukunya bisa didownload di sini

0 comments: