06 Maret 2015

Dulu Berkah Tercurah, Sekarang Makmur

Sahabat,
Pagi ini saya berkesempatan ngobrol santai dengan Pak Haji R, orang Betawi asli kelahiran 1938 seputaran Rawamangun. Sambil dihidangkan segelas kopi, makanan ringan dan sesisir pisang di ruang tamu kami saling bertukar cerita.
Dalam suasana obrolan kami pagi ini, Pak Haji R dan saya seringkali sepakat ketika membahas nama alat-alat yang digunakan oleh orang-orang "Tempoe Doeloe".
Ya, ada lesung, lumpang, alu, bakul, tepung beras, daun pisang, gayung, mushalla delapan tiang dari kayu tanpa paku, pasak kayu sebagai ganti paku. Itulah sekelumit  kata kunci atau keyword bahasa kekinian.
Memang dari tadi Pak Haji R sedang bernostalgia dengan bercerita tentang masa-masa kecil beliau. Banyak hikmah yang saya tangkap.
Pak Haji R senang sekali ketika beberapa kali saya mengingatkan saat beliau lupa nama-nama alat tersebut di atas. Beberapa kali beliau tertawa senang ketika saya mengingatkan, sambil berkata : "Subhanallah ya, ternyata kamu tahu nama alat itu. Saya salut, karena anak-anak zaman sekarang jarang sekali yang kenal apa yang namanya bakul, alu, lesung dsb". Saya hanya menjawab singkat, "Iya, Pak Haji. Kebetulan saya anak kampung yang masih sempat ketemu dengan alat-alat yang Pak Haji sebutkan tadi."
Sekitar satu jam ngobrol, Pak H R sempat bercerita tentang keberangkatan beliau ke tanah Suci Makkah menunaikan Ibadah Haji kali pertama sekitar tahun 1970-an, naik kapal dari Tanjung Priok berlayar selama tiga bulan. "Waktu itu pendaftarannye kagak lama, tahun itu daftar tahun itu pula berangkatnye, lah sekarang antrinye ampe ber taun-taun". Kata Pak Haji. "Iya Pak H, saya dua hari yang lalu, di arena pameran buku Islam Senayan. Saya nanyain tabungan saya di salah satu bank syariah yang jadi sponsor. Saya diminta daftar cepat-cepat karena katanya sekarang ngantri 15-18 tahun, doain saya Pak Haji". Saya menimpali. "Astagfirullah, melihat keadaan sekarang ini, saya teringat kata-kata Engkong saya dulu", Pak H R melanjutkan.
Pak Haji R kemudian dengan logat Betawi yang khas menceritakan kepada saya  pesan dari Engkong beliau bernama H. Alias. Zaman itu Pak Haji R masih berumur sekitar 7 Tahunan.
"Loe ingat kate-kate Engkong yah, zaman ini loe liat ndiri, walau kite makan dikit tapi terasa nikmatnye, air berlimpah tinggal ambil ndiri no, berape aje loe mau (sambil nyiduk air pake gayung), kenape?  Insya Alloh barokahnye ntu yang bikin nikmat. Nah, zaman loe nanti, loe bakalan hidup makmur, mau ape aje ade, tapi sumpek, bakalan ade gedung-gedung tinggi, mobil banyak, tapi air loe beli", begitu kira-kira  singkatnya pesan Engkong H. Alias.
Mendengar cerita ini, saya hanya bisa tercekat sejenak.
"Terbukti benar ya Pak Haji", kata saya.
"Iya, kata-kata orang dulu itu mujarab dan mustajab. Kita merasakan sendiri. Keberkahan mungkin masih ada, tapi sudah mulai tercabut karena banyak yang tidak jujur. Ketamakan menjadi biasa, kejujuran begitu langka". Timpal Pak Haji R.

Pesan itu bagi saya begitu dalam, saya hanya mangut-mangut menyetujui sebelum akhirnya pamit melanjutkan aktivitas.

Jakarta, 6 Maret 2015
Yulef

Yulef D. Bustanuddin

0 comments: