22 Februari 2015

Rangkaian Video Bimbingan Tilawah Al-Quran



Assalamu'alaikum Sahabat,

Alhamdulillah hari ini saya sangat bersyukur karena diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk menunaikan hutang janji kepada pengunjung saluran penulis di Youtube. Janji tersebut adalah melengkapi rangkaian video bimbingan tilawatil qur'an yang sudah terlanjur dibuatkan serialnya. Banyak sekali yang berkomentar baik via kolom komentar maupun langsung berkirim email, sebagian  mengharapkan agar rangkaian segera dilengkapi.

Rangkaian dimaksud adalah Video Bimbingan Tilawatil Qur'an untuk mengenal tingkatan lagu-lagu pada seni baca Al-Qur'an. Tingkatan lagu tersebut biasanya ada tujuh yaitu Bayyati, Shoba, Nahawand, Hijaz, Rast, Sika dan Jiharaka. Beberapa tahun yang lalu saya telah meng-upload beberapa tingkatan lagu saja. Setelah melewati berbagai usaha, Alhamdulillah hari ini tertunaikan meng-upload semuanya walau masih belum sepenuhnya sempurna.

Berikut saya tampilkan rangkaian lengkap dari video-video tersebut.

1. Bimbingan Tilawatil Qur'an Part 1  (Maqam Bayati)



2. Bimbingan Tilawatil Qur'an Part 2  (Maqam Shoba)



3. Bimbingan Tilawatil Qur'an Part 3  (Maqam Nahawand)



4. Bimbingan Tilawatil Qur'an Part 4  (Maqam Hijaz)



5. Bimbingan Tilawatil Qur'an Part 5 (Maqam Rast)



6. Bimbingan Tilawatil Qur'an Part 6 (Maqam Sika)



7. Bimbingan Tilawatil Qur'an Part 7 (Maqam Jiharaka)




Sahabat, itulah seluruh rangkaian video bimbingan tilawatil untuk mempelajari tausyih dasar lagu-lagu seni baca al-quran. Bila menemui kesulitan membuka satu per satu video di atas, bisa juga diakses via >> Daftar Putar/Playlist

Sebagian video sudah dilengkapi dengan praktek pemindahan nada ke ayat Al-Quran, Semoga bermanfaat.





0 comments: