10 Februari 2014

Tahsin Metode Syabana





Assalamu'alaikum, Sahabat.
Alhamdulillah, beberapa video seri belajar Seni Tilawah Al-Qur'an telah ditampilkan dalam blog ini, video-video tersebut adalah pelajaran tingkat lanjut bagi yang ingin menguasai teknik membaca Al-Qur'an secara mujawwad dengan mengenal tingkatan nada/irama dan menerapkannya sesuai dengan konteks ayat, bacaan tilawah seperti ini sering kita dengar pada event-event Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) maupun pada acara-acara di TV atau acara resmi keagamaan umat muslim. Sampai saat ini video yang saya tampilkan pada Channel pribadi di Youtube setiap hari Alhamdulillah tidak kurang dari 350 sampai 400 kunjungan atau sekitar 10.500 lebih kunjungan perbulannya. Hal ini menandakan sangat banyak yang berminat untuk mempelajarinya. Subhanallah wal hamdulillah ... menemukan salah satu cara mudah beramal. :)



Salah satu syarat untuk sampai pada tingkat itu sebaiknya kita menguasai tahapan dasar membaca Al-Qur'an yaitu mengenal huruf Al-Qur'an dan pelafalannya yang benar sesuai dengan tempat-tempat keluar huruf itu (Makharijul Huruf) serta ilmu tajwid. Karena dengan pelafalan huruf yang benar, ayat Al-Qur'an akan indah didengar saat di baca dan paling penting tidak merusak makna. Ada banyak metode yang sudah dikembangkan dalam hal ini, sebut saja metode al-baghdadi, metode iqro', metode Qiro'ati, metode al-bana, Metode Syabana dan sebagainya...
     
Video di atas adalah video belajar membaca Al-Qur'an dengan cepat, hanya dengan tiga langkah mudah. Metode belajar ini disebut dengan Metode Syabana.
Metode SYABANA adalah hasil program kerjasama Syamil Al-Qur'an dan Metode Al-Bana. Saya menilai metode ini termasuk metode akselerasi dalam hal belajar membaca Al-Qur'an karena dengan kemudahannya.

Tiga langkah mudah yang dimaksud dalam Metode Syabana ini adalah :
  1. Menghafal dan Menguasai Huruf Hijaiyah
  2. Melancarkan dan Merangkai Kata
  3. Menguasai Tajwid dengan Kode Warna
 Keunggulan Metode Syabana ini adalah :
  • Menggunakan Metode Kisah/Struktural Analitik Sintetik (SAS) sehingga pesan lebih mudah dicerna dan divisualisasikan
  • Menggunakan Metode Kitabah/Kinestetik dengan pengulangan untuk memperkuat daya ingat
  • Menggunakan Metode Amtsal/Analogi
  • Praktis, Sistematis dan Interaktif
  • Belajar tajwid lebih mudah dengan kode warna dan rumus-rumus praktis tajwid
Video ini dikemas dalam bentuk DVD dengan label DVD Tahsin Metode Syabana bagus untuk dikoleksi. Walaupun metode ini dirancang untuk belajar mandiri, jangan lupa dalam menyelesaikan tahapan belajarnya, menurut saya pribadi, disela-sela belajar santri tetap harus mendapat bimbingan langsung dari Ustadz yang fasih bacaan Al-Qur'an nya dalam bentuk "Talaqi" atau face to face dengan pembimbing untuk memastikan pelafalan huruf dan ayat benar-benar pas sesuai kaidah. 

Rangkaian Cerita I : Ka Ta Ba Na Wa Fa Ka Ya Ma Na Ka La Tho Qo Ja Ya

Rangkaian Cerita II : Ada Kuda Lagi Dzazda di atas Roda Pak Zainal, Sambil Makan Sate Pak Syahrul, yang menu nya pakai Basho dan Dhodhol, Pak Harimau Khawatir sama bu 'ai yang rajin mengghosok sementara aku tetap Tsabar walau hatiku dzongkol (Da Dza Ra Za Sa Sya Sha Dho Ha Kha 'A  Gha A Tsa Ha  Dhzo) 




"Sebaik-baiknya kalian adalah yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya" [HR. Al-Bukhari]

Wassalam

0 comments: