20 Juni 2013

Program Tahfidz di Masjid Agung Al-Azhar



Beberapa bulan yang lalu tepatnya akhir Februari 2013. Ketika suatu hari saya singgah untuk menunaikan shalat Jum'at di Masjid Agung Al-Azhar yang berlokasi strategis di Jl. Sisingamangaraja - Jakarta Selatan, waktu itu saya mendapat sebuah brosur di pintu masuk ruang Utama Masjid. Dari brosur saya mendapat informasi menarik tentang pengumuman pembukaan program menghafal Al-Qur'an.

Masjid Agung Al-Azhar Jakarta membuka program menghafal Al-Qur'an dengan nama Lembaga Tahfidz Al-Qur'an (LTA) ini dalam rangka ikut menumbuhkan dan memupuk semangat menghafal Al-Qur'an bagi Masyarakat dan Jamaah Masjid Agung Al-Azhar.

Diharapkan dari program ini LTA dapat menjadi wadah yang tepat bagi umat yang berkeinginan menghafal Al-Qur'an. banyaknya orang yang hafal Al-Qur'an nantinya berarti Insya Allah akan memenuhi kebutuhan imam rawatib yang hafal Al-Qur'an.

Yang menarik dengan LTA bisa menjembatani dan menjadikan Al-Azhar sebagai salah satu pusat kegiatan menghafal Al-Qur'an, bagi Sekolah Al-Azhar khususnya LTA berperan membantu sekolah dalam menangani kurikulum tahfizh.

Program Awal
LTA membuka program khusus menghafal Juz 30 (juz 'amma) dan menghafal Juz 1. Dan diberikan kesempatan bagi santri untuk menghafal surat-surat pilihan atau program hafalan 30 Juz. Menurut bincang-bincang singkat yang saya lakukan bersama sekretaris LTA, Ustadz H. Agus Nur Qowim, SQ, ditargetkan peserta atau santri yang mengikuti program ini Insya Allah akan diwisuda pada Bulan Ramadhan 1434 H.

Tilawah Al-Qur'an oleh Ust. Muchtar Ibnu, Soft Launching Program LTA- MAA
Mushaf Cetakan Terbaru Masjid Agung Al-Azhar

Setiap santri LTA mendapat Mushaf Khusus Terbitan Masjid Agung Al-Azhar
Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu kira-kira satu bulan setelah pembukaan pendaftaran, program ini langsung di launching oleh Takmir Masjid Agung Al-Azhar yang diwakili oleh Ust. H. Sobohussurur, MA. Soft launching pada 16 Maret 2013 dihadiri sekitar 50-an kaum muslimin dan muslimat yang mendaftar dalam program ini. Dalam soft launching ini juga dibagikan Mushaf Al-Quran terbitan Al-Azhar kepada santri yang terdaftar. Setelah berjalan dalam waktu dua bulan sudah terdaftar hampir 200 orang santri.

Suasana Setoran Hafalan santri LTA, berasal dari semua kelompok umur
Program menghafal Al-Qur'an ini dikemas berbentuk paduan Tartil, Tahsin dan Tahfizh. Setelah beberapa bulan berjalan, para jamaah santri bersama-sama setoran hafalan setiap hari Sabtu ba'da Zuhur di ruang utama Masjid Agung Al-Azhar.

Tenaga Pengajar yang akan membimbing di LTA Insya Allah sangat berpengalaman, bagi yang sering shalat berjamaah di MAA Insya Allah kenal dengan beliau-beliau ini yang merupakan Imam Masjid Agung Al-Azhar.
1. H. Achmad Khotib, SQ   - Juara Internasional, Dosen Tahfizh Institute PTIQ Jakarta
2. H. Agus Nur Qowim, S.Pdi, SQ  - Juara Internasional, Dosen Tahfizh Institute PTIQ Jakarta
3. H. Bukhari Muslim, SQ   (Juara MTQ Internasional)
4. H. Mukhtar Ibnu, S.Pd  berpengalaman bidang Tartil dan Tahsin.
5. Para Muadzin yang mempunyai kapabilitas bidang tartil dan tahsin.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap bisa menghubungi Lembaga Tahfizh Al-Azhar (LTA) :
1. Sekretariat Masjid Agung Al-Azhar, Telp. 021 72783683
2. H. Achmad Khotib, SQ (Ketua LTA) Telp. 0816 959 543, 0812 8309 1644
3. H. Agus Nur Qowim, SQ (Sekretaris LTA) Telp. 0813 9165 6722, 0857 8173 8414




0 comments: