16 Januari 2013

Kitab Karya Ulama : Mukhtashar Al-Fiqh Al-Islamiy

Mendung di pagi ini dan berita banjir di berbagai kawasan Jakarta dan Bekasi yang sejak semalam menjadi trend informasi di ranah online, menguatkan niat untuk mengurangi aktifitas ke luar rumah. Seperti biasa, saat di rumah, memanfaatkan waktu untuk Thalabul 'Ilmi adalah pilihan yang tepat. Ilmu akan datang lebih cepat bila kita menghampirinya dengan suka cita penuh keikhlasan. Salah satu cara menghampiri 'Ilmu dengan lebih dekat adalah Membaca, inilah yang diajarkan oleh Allah 'Azza wa Jalla dalam Al-Qur'an (IQRA').
Membaca kitab-kitab karya 'Ulama-'ulama tawadhu' terdahulu dapat memberi manfaat yang sangat luar biasa. Disamping penulisan, penyampaian yang ikhlas berbagi mewariskan agama juga sarat dengan 'ilmu dan hikmah. Dengan bekal kemampua bahasa 'Arab Insya Allah, kita dapat mendekati dan menyerap ilmu dari mereka melalui ribuan kitab yang diwaririskan.
Bila ingin membaca kitab fiqih, ada sebuah kitab yang bisa kita pilih yakni Kitab Mukhtashar Al-Fiqh Al-Islamiy karya muallif محمد بن إبراهيم بن عبدالله التويجريMuhammad bin Ibrahim bin Abdullah Tawjriy semoga Allah SWT senantiasa merahmati beliau, merupakan kitab fiqih yang ringkas dan mudah dicerna sesuai dengan judulnya "Mukhtashar", dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan "Ikhtisar" atau ringkasan.
Cover Klasik, sumber : google.com
Karena mudah dan ringkas, kitab ini menjadi bahan bacaan kami ketika mengikuti pelajaran bahasa 'Arab di Lughatuna Institute beberapa tahun silam. Kitab ini dipilih oleh Ustadz dengan beberapa alasan, yang pertama tentu dengan kemudahan untuk dibaca karena keringkasannya, yang kedua adalah kosa kata yang ada dalam kitab fiqih pada umumnya sudah banyak yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari sehingga waktu untuk memahami sebuah kata bisa lebih cepat dan kita bisa fokus pada kaidah Nahwu Sharfnya saja. Selain itu, gaya penulisan kitab ini agak berbeda dengan kitab lain yang cenderung rapat dan kecil, sedangkan kitab ini sebaliknya.
Kitab ini bagus sekali digunakan sebagai bahan latihan untuk menentukan, menuliskan syakl/harakat huruf dan 'irab kata saat berada dalam kalimat. Tentu saja lebih jauh manfaatnya dapat diraih adalah ketika kita memahami isi kitab ini, karena membahas  ilmu fiqih, salah satu cabang ilmu yang sangat penting dalam berislam.  Silakan mengunduh  softcopy kitabnya di sini.

Cover Baru, sumber : google.com
Berbeda dengan kitab-kitab lain yang berjilid-jilid, kitab ini hanya satu jilid saja dan hanya setebal 1060-an halaman.
Ada sepuluh bab fiqih yang dibahas dalam kitab dengan judul asli


  •  
  • مختصر الفقه الإسلامي في ضوء القرآن والسنة 
  • ini yakni : At-Tauhid wal Iman, Fiqhul Qur'an was shunnah, Al-Ibadaat, Mu'amalaat, Kitaabun Nikah, Kitaabul Faraaidh, Kitaabul Qishash wal Huduud, Kitaabul Qadha', Kitaabul Jihad Fii Sabilillah, Ad Da'wah ilallah.
    Masing-masing bab tersebut di rinci lagi dengan beberapa sub bab. Ketika belajar dulu, kami memulai dari Bab Ibadaat tentang Thaharah dan Shalat, terang saja hal ini jadi sangat membantu dan memudahkan.
    Pada bagian pengantar kitab ini disebutkan dengan indah maksud dari penulisan kitab yang akan dicapai dari membacanya,

    وهذا الكتاب المقسود منه معرفة الرب المعبود, وبيان أحكام الدين, وترغيب الناس في لزوم الصراط المستقيم
    Maksud dari kitab ini agar kita mengenal Rabb, penjelasan hukum-hukum agama dan kebutuhan manusia agar tetap menapaki jalan yang lurus.

    Nas alullahu an yanfa'u bihi. Wahuwa waliyyut taufiq. Wassalam.

    0 comments: