15 Maret 2012

Satu Rumah Seorang Hafidz, kenapa tidak..?

Menyempatkan diri berkunjung ke arena Islamic Book Fair 1433H/2012 di Istora Jakarta ternyata membawa berkah tersendiri bagi saya, walaupun kali ini tidak ada niat khusus untuk menambah koleksi buku-buku agama untuk perpustakaan pribadi. Biasanya, paling tidak 2-3 buku saya bawa pulang dari kunjungan pesta buku Islam terbesar yang dihelat setiap tahun ini.  

Hari ini, Kamis 15 Maret 2012. Saya berangkat dari rumah menuju Istora tempat acara Islamic Book Fair yang ke-11 tahun 1433 H dengan niat cuma absen dan melihat perkembangan bidang kepenulisan dan penerbitan terutama buku-buku nuansa Islami. Sayapun tidak berusaha menjalan "prosedur" biasa yang selalu saya terapkan seperti kunjungan terdahulu. Hari ini saya tidak berusaha mendapatkan informasi sedetail mungking tentang pelaksanaan kegiatan ini, hanya berbekal informasi singkat yang ada di Internet saja.
Kendatipun tanpa rencana matang sebelum berangkat, ternyata ada juga hasil dan manfaat yang bisa dibawa pulang, luar biasa...  Alhamdulillah hari ini saya mengikuti sesi pelatihan di ruang anggrek ba'da shalat dzuhur bertema salah satu metode cepat menghafal Al-Qur'an. 
Saya salah seorang dari sekitar 200-an orang yang hadir di ruang Anggrek mengikuti dengan seksama metode cepat menghafal Al-Qur'an yang di sebut "AL-HUSEN METHOD OF QORAN MEMORISING". Informasi lebih luas tentang metode ini bisa di dapat dengan berkunjung ke laman lintassahabatalquran.com
http://lintassahabatalquran.com/ 
Setelah penjelasan singkat tentang metode seraya memperkenalkan orang-orang luar biasa yang terlibat dalam pengembangan metode ini, semua peserta di ajak bersama-sama menghafal Al-Qur'an Surah Ar-Rahman yang berjumlah 78 Ayat.  

Surprise... Siip, Mantap.. Ahh.. (mengikuti yel-yel yang di ajarkan ketika itu)
Terbukti ini adalah metode cepat menghafal yang pernah saya coba. Selain cepat menghafal teks arabic, sekaligus mengetahui terjemahan dan konteks ayat yang di hafal. Dalam waktu 40 menit saja peserta dibimbing dengan cermat menghafal ayat 1-13. Tanpa melihat batasan usia, peserta terlihat antusias untuk diuji dengan serentak mengacungkan jari saat pembimbing menanyakan siapa yang sudah hafal.

Secara singkat metode hafalah ini adalah :
1. Mengetahui dan memahami dulu ayat yang mau di hafal.
2. Melihat konteks tulisan ayatnya...
3. Mendengarkan bacaan standar (dari guru yang fasih atau dari DVD)
4. Mengulang-ulang bacaan seperlunya.

Kunci keberhasilan dari metode ini adalah menghafal menggunakan otak kanan artinya memanfaatkan 5 panca indera utama dalam menghafal sehingga terjadi perpaduan antara memori visual, pendengaran dan verbal. 
Secara visual kita dituntut melihat ayat dengan benar, selain itu setiap ayat divisualkan beberapa kata kunci yang berkaitan dengannya. Mendengarkan bacaan standar mengantarkan kita untuk bisa membaca secara benar, tentu saja mengucapkan dengan benar sesuai kaidah tajwid.   

Setiap peserta sebelum memasuki ruang Anggrek dibekali satu lembar kopi surah Ar-Rahman ayat 1-55, satu lembar kertas bergambar yang berisi keyword-keywor surah Ar-Rahman, contohnya pada gambar berikut :
Contoh visual keyword untuk ayat 1-6 QS. Ar-Rahman

Cukup puas rasanya mendapatkan satu lagi metode hafalan yang patut diapresiasi dan didukung pengembangannya ini. Peserta jelas mendapatkan manfaatnya, sebagian besar memahami teknik dan bisa mempraktekkan metode ini.  Satu hal yang saya sangat setuju dari manfaat ini adalah tagline One Home One Hafidz.. Insya Allah terwujud...


8 comments:

lintas sahabat alquran mengatakan...

Assalamualaikum ,

Terimakasih Pak untuk ulasannya tentang kegiatan LSA di IBF 2012,ini menambah semangat kami untuk terus bekerja menyebarkan dan memotivasi orang orang untuk lebih intens berhubungan dengan Al Quran.

Mohon izin untuk kami muat dalam web kami. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan untuk kita semua, dan dimudahkan untuk menjadi pengamal Al Quran yang baik.

Salam
Arif Husen dan Tim

Yulef Dian mengatakan...

Wa'alaikumsalam wr wb
Subhanallah wal hamdulillah,..
Senang rasanya mendapat kunjungan dari LSA, Ane mendapatkan manfaat langsung dari sesi di IBF 2012, Alhamdulillah ane mantap secara efektif 4 Hari untuk hafal QS. Ar Rahman dengan metode Al Husen.
Tafadhal dengan senang hati tulisan ini boleh di manfaatkan.
Jazakallah atas ilmu yang bermanfaat dan kunjungannya ke blog ini.
Salam Keberkahan Al-Qur'an

Wijaya kusumah mengatakan...

Terima kasih mas yulef, nanti saya minta dibimbing juga yah agar lebih menghafal surah ar rahman, terima kasih sdh dikasih gambarnya

Salam
Omjay

Eko Eshape mengatakan...

Salam.

Jadi ingat ketika belajar menghafal asmaul husna, metodenya sangat menyenangkan dan membuat suasana seperti suasana darmawisata.
Penuh senda gurau dan ternyata dalam waktu satu hari kita bisa hafal 99 nama Allah.
Subhanallah.

Salam sehati.

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum
terimakasih artiklenya akhi..
saya sebenarnya tidak memiliki pengetahuan agama yang dalam
tetapi saya juga punya keinginan buat menghafal al-qur'an sedikit demi sedikit...

dulu saya pernah hafal jus 30, surat waqi'ah, yasin, dan asmaul husna..
tapi sekarang nyaris hilang dari ingatan saya, karena saya menggunakan metod emanghafal tanpa tau artinya, ketika saya SMA.

dan beberapa hari yang lalu ada teman saya memberikan saya cara menghafal al-qur'an metode alhusen berupa surat Ar-rahman, dan saya rasa itu sangat menarik dan mudah dipahami,

kendala saya, saya sudah mencari metode husen dengan bantuan search engine GOOGLE, tapi yang saya temukan hanya surat ar-rahman melulu, tidak saya temukan surat-surat yang lain...
bisakah akhi membantu saya...???
terimakasih ...

May Allah bless Us
Wassalamu'alaikum warahmatullah....

Yulef Dian mengatakan...

@jay_elsyakir : Terimakasih kembali. Setahu saya sudah ada surat-surat yang lain, coba cek di official website-nya. Dan tentu saja untuk mendapatkan surat-surat yang lain alangkah baiknya bila kita ikut berinfaq, anggap saja kita membantu biaya produksi dan sebagai simbol penghargaan kita terhadap kreatifitas ilmu dari tim alhusen.

Kalau mau sedikit ikhtiar, kita bisa belajar buat sendiri untuk surat-surat lain, latihan mulai dari surat-surat pendek dulu, apalagi sudah pernah hafal juz 30. Tinggal dipenggal per ayat lalu berikan gambar ilustrasi terhadap keyword yang bisa mewakili kandungan ayat, buat terjemahan lengkapnya. (paling baik bila terjemahan sesuai kaidah bahasa arab/nahwu&sharf).

Saya sendiri Alhamdulillah sudah mencoba menggabungkan metode alhusen dengan cara sendiri : memenggal ayat per kalimah (kata) utk memahami makna perkata dan kedudukan kata. untuk referensi dan alat bantu bisa baca ini : corpus.quran.com

Yulef Dian mengatakan...

@jay_elsyakir : Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Unknown mengatakan...

:)
yapz, syukron...
tar dicoba, saya juga mau menghubungi nomor telepon yang ada di pojok lembaran itu...
x lg syukron katsir
:D