24 Maret 2011

Resensi Buku : Misteri DNA Anak Saleh–Anak Cerdas


Data Umum :
120320112212
Misteri DNA Anak Saleh – Anak Cerdas
Tauhid Nur Azhar
Cetakan I – Solo
Tinta Medina, 2011
Xiv, 226 hlm.; 24 cm
ISBN 978-602-98552-0-3
Islam, Parenting


Hal-hal menarik dan nilai plus yang dapat dilihat dari buku ini diantaranya adalah :
Buku ini dapat dikatakan menafsirkan secara ilmiah dalam bahasa sederhana dari ayat kauniah dalam diri manusia. Disajikan dengan pembahasan yang runut, penempatan glosarium pada bagian awal untuk membantu pembaca mengenal istilah-istilah latin dalam pembahasan. Desain halaman yang menarik dengan box sisipan informasi penting, quote, ilustrasi gambar dan tabel keterangan yang full color, setiap bab terdapat korelasi langsung pembahasan materi dengan petikan ayat-ayat al-quran sebagai bahan tadabbur. Desain cover yang sangat lucu dan relatif sesuai dengan tema buku.
Penulis sangat menguasai materi karena diperkuat oleh latar belakang akademis yang relevan sebagai seorang dokter, peneliti dan pengajar.
Beberapa Catatan Kritis tentang  Buku Ini 
Banyaknya gambar ilustrasi sekilas mengesankan buku ini sebagai buku teks biologi untuk pelajar atau mahasiswa. Beberapa gambar illustrasi tidak terdapat keterangan gambar dan sumber gambar.
Bahasa dan Istilah latin yang agak sulit dicerna oleh pembaca awam, terutama yang berlatar pendidikan ilmu sosial.
Daftar pustaka dominan dari karya scientist dunia barat, minim referensi dari kitab ulama Islam misalnya kitab tafsir dan kitab hadist, hal ini penting karena berkaitan erat dengan genre buku reliji yang dikategorikan sebagai buku Islam, Parenting.
Buku akan lebih lengkap bila disertai slide presentasi dalam bentuk soft copy atau video.
Overall :
Buku ini bermanfaat untuk dibaca untuk menambah wawasan dan khasanah keilmuan terutama bagi orang tua yang mendambakan keturanan yang baik, bertakwa, cerdas, saleh dan salehah. Paling tidak setelah membaca buku ini ada sedikit pengalaman baru bagi pembaca dan mengetahui sepercik rahasia penciptaan manusia, sehingga tanpa terasa kita akan takjub dan mensyukuri akan dahsyatnya penciptaan manusia. Sebagai salah satu panduan praktis dalam mengawal pertumbuhan putra dan putri pembaca agar terarah di jalan yang digariskan sesuai fitrah penciptaan manusia, terutama mengenal pemetaan faktor-faktor yang mempengaruhi ekspresi DNA anak diantaranya gizi, perlakuan, dan pendidikan yang bersahabat dengan OTAK.
”Engkau akan mengenali Zat Yang Menciptakanmu, bila engkau mengenali dirimu sendiri”
"Dan didalam dirimu sendiri. Maka apakah kau tidak memperhatikan?" (QS. Adz-Dzaariyaat [51] : 21)

DNA: The Secret of Life

1 comments:

Yulef Dian mengatakan...

Alhamdulillah, Terimakasih atas kunjungan dan penilaiannya Sahabat Reza Aconk :)
Blog ini sebagai media belajar saja, belum ada yang istimewa.
Saya juga sudah berkunjung balik ke blog yang ciamik :)