17 Juli 2011

3 Hal Yang Tidak Ada Keraguannya

Hari ini kebetulan bertepatan dengan hari Milad ane, tanpa terasa sudah 32 tahun mendapat nikmat Allah yang namanya nafas kehidupan dan menikmati pernak-pernik dunia.
Yaa Allah, Yaa Rabb masih banyak amal yang belum hamba lakukan atas perintah-Mu, bimbinglah hamba-Mu yang lemah ini dengan hidayah dan ‘Izzah-Mu agar dapat kembali pada-Mu dengan Khusnul Khatimah.
"Ya Rabb kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi. QS. Al-'Araf : 23
Hari yang penuh keharuan ini Alhamdulillah lebih dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi membaca, kali ini bahan bacaan dari beberapa kitab-kitab Ulama yang masyhur telah tersedia banyak dalam NetBook. Berikut dituliskan salah satu hasil bacaan hari ini :
-------------------
Sebagai seorang muslim adalah wajib hukumnya mengimani Al-Quran karena itu adalah bagian dari rukun Iman yakni iman kepada Kitab-kitab Allah ‘Azza wa Jalla.
Bila kita membaca Al-Quran pastilah kita akan menemukan kalimat “لاَ رَيْبَ فِيهِ ” (Laa raiba fiihi). 
Dalam Kitab Kalimaatul Quran - Tafsiir wa bayaan oleh Ustadz Syaikh حسنين محمد مخلوف  Menjelaskan bahwa “لاَ رَيْبَ فِيهِ ” berarti
لاشك في أنه حقّ من عند الله” (tidak ada syak/ragu di dalamnya bahwasannya benar-benar datang dari sisi Allah SWT)
Menurut  Abu Islam Ahmad bin ‘Aliy dalam buku beliau berjudul ثلاثة لا ريب فيها bahwa Ada tiga hal yang mengiringi kalimat   “لاَ رَيْبَ فِيهِ”  (Laa raiba fiihi) tersebut dalam Al-Quran. yaitu Kitab Al-Quranul Karim, Al-Yaumul Qiyaamah dan  Al-Maut.
1. Al-Quranul Karim -- لاَ رَيْبَ فِيهِ
Al-Quran adalah kitab yang tidak ada keraguan daripadanya adalah pasti Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT, pasti sebagai petunjuk bagi orang bertakwa.
Dalil-dalil yang bisa dibaca :
- QS. Al-Baqarah(2) : 2
ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ
Terjemahannya :
Kitab itu (Al-Quran) tidak ada keraguan dari padanya, petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa.
- QS. Yunus : 37
وَمَا كَانَ هَـذَا الْقُرْآنُ أَن يُفْتَرَى مِن دُونِ اللّهِ وَلَـكِن تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ الْكِتَابِ لاَ رَيْبَ فِيهِ مِن رَّبِّ الْعَالَمِينَ
Terjemahannya :
Tidaklah mungkin Al Quran ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (Al Quran itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam.
- QS. As-Sajadah : 2
تَنزِيلُ الْكِتَابِ لَا رَيْبَ فِيهِ مِن رَّبِّ الْعَالَمِينَ
Terjemahannya :
Turunnya Al-Quran yang tidak ada keraguan di dalamnya, (adalah) dari Tuhan semesta alam.


2. Hari Kiamat --  لاَ رَيْبَ فِيهِ
Dalil-dalilnya dalam Al-Quran
- QS. Ali Imran : 9
رَبَّنَا إِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لاَّ رَيْبَ فِيهِ إِنَّ اللّهَ لاَ يُخْلِفُ الْمِيعَادَ
Terjemahannya :
"Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya." Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.
- QS. Ali Imran : 25
فَكَيْفَ إِذَا جَمَعْنَاهُمْ لِيَوْمٍ لاَّ رَيْبَ فِيهِ وَوُفِّيَتْ كُلُّ نَفْسٍ مَّا كَسَبَتْ وَهُمْ لاَ يُظْلَمُونَ
Terjemahannya :
Bagaimanakah nanti apabila mereka Kami kumpulkan di hari (kiamat) yang tidak ada keraguan tentang adanya. Dan disempurnakan kepada tiap-tiap diri balasan apa yang diusahakannya sedang mereka tidak dianiaya (dirugikan).
- QS. An-Nisa’ : 87
اللّهُ لا إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ لَيَجْمَعَنَّكُمْ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ لاَ رَيْبَ فِيهِ وَمَنْ أَصْدَقُ مِنَ اللّهِ حَدِيثاً
Terjemahannya :
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Sesungguhnya Dia akan mengumpulkan kamu di hari kiamat, yang tidak ada keraguan terjadinya. Dan siapakah orang yang lebih benar perkataan(nya) dari pada Allah ?
- QS. Al-An’am : 12
قُل لِّمَن مَّا فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ قُل لِلّهِ كَتَبَ عَلَى نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ لَيَجْمَعَنَّكُمْ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ لاَ رَيْبَ فِيهِ الَّذِينَ خَسِرُواْ أَنفُسَهُمْ فَهُمْ لاَ يُؤْمِنُونَ
Terjemahannya :
Katakanlah: "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi." Katakanlah: "Kepunyaan Allah." Dia telah menetapkan atas Diri-Nya kasih sayang. Dia sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya. Orang-orang yang meragukan dirinya mereka itu tidak beriman
- QS. Al-Kahfi : 21
وَكَذَلِكَ أَعْثَرْنَا عَلَيْهِمْ لِيَعْلَمُوا أَنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَأَنَّ السَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيهَا إِذْ يَتَنَازَعُونَ بَيْنَهُمْ أَمْرَهُمْ فَقَالُوا ابْنُوا عَلَيْهِم بُنْيَاناً رَّبُّهُمْ أَعْلَمُ بِهِمْ قَالَ الَّذِينَ غَلَبُوا عَلَى أَمْرِهِمْ لَنَتَّخِذَنَّ عَلَيْهِم مَّسْجِداً
Terjemahannya :
Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka, agar manusia itu mengetahui, bahwa janji Allah itu benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika orang-orang itu berselisih tentang urusan mereka, orang-orang itu berkata: "Dirikan sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka." Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata:  "Sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya."
- QS. Al-Hajj : 7
وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَن فِي الْقُبُورِ
Terjemahannya :
dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.
- QS. Al-Jaatsiyah : 26
قُلِ اللَّهُ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يَجْمَعُكُمْ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ لَا رَيبَ فِيهِ وَلَكِنَّ أَكَثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ
Terjemahannya :
Katakanlah: "Allah-lah yang menghidupkan kamu kemudian mematikan kamu, setelah itu mengumpulkan kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya; akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.
- QS. Al-Jaatsiyah : 32
وَإِذَا قِيلَ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ لَا رَيْبَ فِيهَا قُلْتُم مَّا نَدْرِي مَا السَّاعَةُ إِن نَّظُنُّ إِلَّا ظَنّاً وَمَا نَحْنُ بِمُسْتَيْقِنِينَ
Terjemahannya :
Dan apabila dikatakan (kepadamu): "Sesungguhnya janji Allah itu adalah benar dan hari berbangkit itu tidak ada keraguan padanya", niscaya kamu menjawab: "Kami tidak tahu apakah hari kiamat itu, kami sekali-kali tidak lain hanyalah menduga-duga saja dan kami sekali-kali tidak meyakini(nya)."
- QS. Asy-Syura : 7
وَكَذَلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ قُرْآناً عَرَبِيّاً لِّتُنذِرَ أُمَّ الْقُرَى وَمَنْ حَوْلَهَا وَتُنذِرَ يَوْمَ الْجَمْعِ لَا رَيْبَ فِيهِ فَرِيقٌ فِي الْجَنَّةِ وَفَرِيقٌ فِي السَّعِيرِ
Terjemahannya :
Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Quran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Jahannam.
- QS. Al-Ghafir (40) : 59
إِنَّ السَّاعَةَ لَآتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يُؤْمِنُونَ
Terjemahannya :
Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tiada beriman.

3. Maut atau Mati -- لاَ رَيْبَ فِيهِ
Setiap yang bernyawa dibumi ini pasti akan menemui sesuatu yang disebut mati, masing-masing telah ditentukan ajalnya oleh Rabbul ‘Izzati.
Dalil bahwa tidak ada keraguan akan datangnya kematian tersebut dalam Al-Quran :
- QS. Al-Isra : 99
أَوَلَمْ يَرَوْاْ أَنَّ اللّهَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ قَادِرٌ عَلَى أَن يَخْلُقَ مِثْلَهُمْ وَجَعَلَ لَهُمْ أَجَلاً لاَّ رَيْبَ فِيهِ فَأَبَى الظَّالِمُونَ إَلاَّ كُفُوراً
Terjemahannya :
Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwasanya Allah yang menciptakan langit dan bumi adalah kuasa (pula) menciptakan yang serupa dengan mereka, dan telah menetapkan waktu yang tertentu(waktu mereka mati dan dibangkitkan) bagi mereka yang tidak ada keraguan padanya? Maka orang-orang zalim itu tidak menghendaki kecuali kekafiran.

Demikianlah semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan manfaat terutama menambah keyakinan dan keimanan kita pada apa yang disampaikan dalam Al-Quran.
اسأل الله العظيم رب العرش الكريم أن يجعل هذا العمل لوجهه خالصا وأن ينفعني به وإياكم في الدنيا والآخرة .
Jazakumullah khair.

0 comments: